Setiap orang pasti bisa memperoleh keistimewaan ini.

Delapan Golongan Orang yang Dicintai Allah SWT

Di dalam Al-Qur’an, Allah SWT telah menjelaskan bahwa ada beberapa golongan orang yang dicintai-Nya. Bahkan mereka juga mendapatkan kemuliaan menjadi kekasih Allah. Tentunya hal ini menjadi sebuah kabar gembira bagi umat Muslim.

Terlebih lagi untuk mendapatkan keistimewaan ini ternyata tidaklah sulit. Hanya diperlukan beberapa syarat yaitu keimanan dan keyakinan kepada Allah SWT. Sehingga setiap orang pasti bisa memperoleh keistimewaan ini.

Kelak di akhirat, golongan yang dicintai Allah SWT ini pun akan mendapatkan kenikmatan yang besar. Selain menjadi penghuni surga, mereka pun bisa bertemu dengan Allah SWT dan Rasulullah SAW. Lantas, siapakah golongan yang dicintai Allah SWT tersebut ?

1. Orang yang baik

Golongan pertama yang dicintai Allah SWT adalah orang-orang yang baik. Berbuat kebaikan terhadap sesama merupakan salah satu perintah Allah SWT. Sehingga tidaklah mengherankan bila orang-orang yang senantiasa melakukan kebaikan, menjadi golongan yang dicintai oleh-Nya. Sebagaimana firman-Nya, “Dan Allah Mencintai orang yang berbuat kebaikan”. (QS.Ali Imran : 134)

2. Orang yang bertakwa

Golongan kedua yang dicintai Allah SWT adalah golongan orang-orang yang bertakwa. Orang yang bertakwa ialah orang yang selalu menjaga batas larangan dan perintah Allah SWT. Ia akan berusaha semampunya untuk melaksanakan apa yang diperintahkan Allah. Oleh sebab itulah, orang yang bertakwa memiliki kedudukan dan kemuliaan di sisi Allah SWT. Mereka amat sangat dicintai oleh-Nya.  Sebagaimana firman Allah SWT, “Maka sungguh, Allah Mencintai orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran : 76)

3. Orang yang bertaubat

Seorang manusia tentunya tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Namun, manusia yang terbaik adalah ia yang mau menyadari kesalahannya dan berjanji untuk tidak melakukan kesalahannya kembali. Terlebih apabila ia telah berbuat kesalahan kepada Allah SWT, maka ia akan bersegera bertaubat dan memohon ampunan kepada-Nya. Bahkan golongan orang-orang yang bertabuat, adalah salah satu golongan yang dicintai-Nya.

Sungguh, Allah Menyukai orang yang tobat dan Menyukai orang yang menyucikan diri.” (QS.Al-Baqarah : 222)

4. Orang yang sabar

Setiap manusia tentunya mendapatkan ujian dan cobaan di dalam hidupnya. Namun apabila ia mampu bersabar dalam menghadapinya, tanpa sedikitpun mengeluh atau marah atas apa yang menimpanya, maka kelak Allah SWT akan memberikan kenikmatan yang besar terhadapnya. Bahkan ia juga termasuk dalam golongan orang yang dicintai Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa, “Dan Allah Mencintai orang-orang yang sabar.” (Ali Imran 146)

5. Orang yang bertawakal

Bertawakal berarti berserah diri kepada Allah SWT dengan hati yang ikhlas, tulus dan tanpa dorongan serta paksaan dari siapapun. Orang-orang yang bertawakal, memiliki keyakinan bahwa apa yang dilaluinya semua adalah kehendak Allah SWT termasuk semua kesulitan yang menghampirinya. Mereka tidak menjadikan kesulitan tersebut sebagai pematah semangatnya dalam berusaha.

Kelak orang-orang yang bertawakal akan mendapatkan kemuliaan yang besar disisi Allah SWT. Mereka termasuk dalam golongan orang yang akan masuk surga tanpa dihisab. Selain itu, Allah SWT pun sangat mencintai orang-orang yang bertawakal. Sebagaimana firman-Nya, “Sungguh, Allah Mencintai orang yang bertawakal.” (QS.Ali Imran : 159)

6. Orang yang adil

Dalam surah Al-Maidah ayat 42, disebutkan bahwa Allah SWT menyukai orang-orang yang adil. Pasalnya adil merupakan segala sesuatu yang di fardhukan baik dalam perkara aqidah dan juga syariah. Sebagaimana firman-Nya,“Sesungguhnya Allah Menyukai orang-orang yang adil.” (QS.Al-Ma’idah : 42)

7. Orang yang berjihad di jalan Allah

Golongan selanjutnya yang juga dicintai Allah SWT adalah golongan orang yang berjihad. Jihad tidak hanya harus melalui peperangan, dalam kondisi saat ini  seorang suami yang keluar rumah untuk mencari nafkah bagi anak dan istrinya saja sudah termasuk dalam kategori jihad.

Selain itu perlu diketahui bahwa, jihad itu terbagi atas tiga macam yaitu jihad melawan musuh yang nyata, jihad melawan setan dan jihad melawan hawa nafsu. hal ini termaktub dalam surah Al-Hajj ayat 78, surah At-Taubah ayat 41 dan surah Al-Anfaal ayat 72. Orang-orang yang berjihad adalah orang-orang yang dicintai Allah SWT.

Sesungguhnya Allah Mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”(QS.Shaff : 4)

8. Orang yang bersih

Golongan terakhir yang dicintai Allah SWT adalah orang-orang yang bersih. Mereka senantiasa menjaga dirinya dari sesuatu yang menyebabkannya kotor baik dari segi fisik maupun jiwanya. Biasanya mereka menyukai keindahan.

Sebagaimana halnya Allah SWT yang juga menyukai kebersihan dan keindahan, maka tidaklah mengherankan bila seseorang yang bersih menjadi orang yang dicintai oleh-Nya. Sebagaimana firman-Nya, “Allah Menyukai orang-orang yang bersih.” (QS.At-Taubah : 108)

 

Wallohu a’lam bishshawab

@kaefota