Bagi warga Garut dan wisatawan yang sering berkunjung ke #Garut, nama objek wisata Kampung Sampireun sudah tidak asing lagi di telinga. Kampung Sampireun merupakan sebuah Resort bernuansa Perkampungan Sunda yang berada di ketinggian ± 1.000 mdpl.

Kampung Sampireun berlokasi di Kampung Ciparay desa Sukakarya kecamatan Samarang Kabupaten Garut, #Jawa Barat. Luas area kampung Sampireun kurang lebih 3,6 hektare termasuk Situ Sampireun seluas 1 Hektar dengan 7 mata airnya. Kampung Sampireun Resort & Spa adalah pilihan pavorit di kalangan wisatawan yang berkunjung di Garut, baik menjelajahi atau hanya transit.

Nama Kampung Sampireun sendiri berasal dari nama Situ atau Danau, dalam bahasa Indonesia Sampireun berarti tempat singgah. Situ Sampireun ini memiliki sumber mata air yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah-sawah dan kebutuhan pemandian umum.

Tamu yang menginap di Kampung Sampireun dapat menikmat suasana Situ Sampireun sambil bermain dengan ribuan ikan mas. Setiap sore, di deck utama Situ Sampireun biasa dipentaskan kesenian tradisional Sunda, “Calung”. Jika malam tiba, para tamu akan dimanjakan dengan alunan kecapi suling dari group kesenian Kampung Sampireun.

Hotel Kampung Sampireun mulai Beroperasi pada bulan Januari 1999. Hotel Kampung Sampireun diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata Seni dan Budaya, Marzuki Usman pada tanggal 4 September 1999.

121615 kampung sampireun garut

Hotel Kampung Sampireun menawarkan berbagai fasilitas dan layanan yang nyaman. Di sini terdapat fasilitas rapat, layanan kamar, toko, kotak penyimpanan aman, concierge, koran harian, air botol gratis, balkon/ teras, TV satelit/ kabel, pembuat kopi/ teh dapat ditemukan di setiap kamar. Selain itu, hotel kampung Sampireun juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi seperti sauna, kolam anak, kolam renang, olahraga air dan taman.

Kampung Sampireun memiliki 22 Bungalow yang dirancang dengan rumah panggung ciri khas Sunda yang terdiri dari 8 unit tipe Kalapalua Suite (Satu kamar tidur & teras), 6 unit tipe Waluran Suite (Dua kamar tidur, ruang tengah, & teras), 4 unit tipe Kurjati Suite (Satu kamar tidur, ruang tengah, & teras), 1 unit tipe Papandayan Suite (Dua kamar tidur, 1 unit tipe Cikuray Suite (Dua kamar tidur, ruang tengah, & teras), ruang tengah, & teras) , dan 1 unit tipe Manglayang (Tiga kamar tidur, ruang tengah, & teras).

Pohon-pohon bambu dan pinus yang rindang di sekitar Kampung Sampireun membuat udara di sini terasa sangat sejuk, antara 12 -18 derajat celcius. Lingkungannya yang teman, nyaman dan asri menjadikan Kampung Sampireun banyak diminati oleh wisatawan yang ingin berbulan madu dan menghabiskan waktu liburan untuk melepaskan kejenuhan sehabis melaksanakan aktifitas sehari-hari.