Garut memang merupakan sebuah kabupaten kecil di #Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia. Namun, siapa sangka kabupaten yang dijuluki Kota Intan ini memiliki ragam oleh-oleh khas Garut, kesenian dan tempat wisata yang tidak kalah menarik daripada kabupaten lainnya di Jawa Barat.

Selain memiliki pantai-pantai indah di wilayah selatan, #Garut juga mempunyai potensi panas bumi yang 2 (dua) diantaranya sudah dikelola, yaitu di daerah Puncak Darajat dan Kamojang.

Di kawasan Puncak Darajat ini sejak tahun 2010 lalu mulai dikembangkan menjadi tempat wisata dengan dibangunnya puncak darajat waterboom and hotspring water di KM 25 Pasirwangi Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sejak objek wisata Puncak Darajat ini dibuka, pengunjung yang datang ke tempat wisata ini nyaris tak pernah sepi. Di akhir pekan atau hari-hari libur, objek wisata Puncak Darajat Garut selalu dipadati wisatawan lokal maupun dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, Tasikmalaya dan kota-kota besar lainnya.

Fasilitas objek wisata Puncak Darajat Garut ini cukup lengkap. Beberapa fasilitas pendukungnya pun cukup memadai. Di sini tersedia kolam renang pemandian air panas, waterboom, ember tumpah, flying fox, shaking bdige, berkuda atau mencoba ATV di track yang sengaja disediakan di kawasan Puncak Darajat.

Bagi petualang yang suka memacu adrenalin, berwisata ke Puncak Darajat ini sangat cocok karena flying fox di Puncak Darajat adalah flying fox terpanjang di Garut.

Tempat wisata yang satu ini menawarkan beragam aktifitas hiburan dan petualangan yang menantang dan menyenangkan.

objek-wisata-puncak-darajat-garut1

Di kawasan objek wisata Puncak Darajat Garut ini terdapat sebuah kawah yang bernama Kawah Darajat. Dari kawah yang terletak di kaki gunung Papandayan ini menghasilkan air panas seperti di pemandian air panas Cipanas Garut.

Kawah Darajat yang menghasilkan uap panas ini berlokasi di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di kawasan objek wisata Kawah Darajat di antaranya tracking, menikmati pemandangan serta penelitian gunung berapi.

Status kepemilikan objek wisata Kawah Darajat yang memiliki luas sekitar 40 hektar ini adalah milik PT. Perhutani, sedangkan pengelolaannya ditangani oleh PT. Amoseas berkerjasama dengan PT. Pertamima.

Area Kawah Darajat merupakan kawasan perindustrian, jadi pengunjung yang ingin melakukan aktifitas wisata di sini harus mengantongi izin dari pihak Amoseas sebagai pengelola kawasan wisata Kawah Darajat Garut.

Kualitas lingkungan di kawasan Puncak Darajat sangat terjaga dengan baik, bentuk alam yang indah dan bersih dari sampah ini memiliki udara serta bebas dari vandalisme.

Jalan menuju objek wisata Puncak Darajat Garut sudah bagus dan dapat diakses dengan mudah dari Tarogong – Pasirwangi menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan kota dengan tarif tidak lebih dari Rp 10.000 per orang.

Pemandangan di sepanjang jalan menuju ke Puncak Darajat Garut cukup mempesona, melihat kebun sayuran milik petani dan perkebunan teh yang menghampar luas. Jalannya berliku dan menanjak. Puncak Darajat Garut memiliki udara yang sejuk seperti di kawasan pegunungan lainnya.