Kabupaten #Garut merupakan salah satu kabupaten di #Jawa Barat yang memiliki beragam tempat wisata, mulai dari #wisata alam,#wisata religi sampai #wisata kuliner yang populer dan diminati wisatawan dari luar kota.

Gambaran Umum Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Pameungpeuk, Tempat Wisata Populer di Garut Selatan

Salah satu tempat wisata alam terbaik di Garut adalah Pantai Santolo yang terletak di Kecamatan Cikelet, Garut Selatan. Orang-orang menyebutnya Pantai Santolo Pameungpeuk. Jarak ke Pantai Santolo dari pusat kota Garut yaitu 88 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam perjalanan.

Lokasi Pantai Santolo berdekatan dengan Pantai Sayang Heulang, jadi jika sobat berkunjung ke Pantai Santolo Pameungpeuk bisa sekalian menikmati kesejukan pantai Sayang Heulang Garut.

Pantai Santolo Garut menjadi objek wisata pavorit wisatawan asal Bandung, Jakarta dan Tasikmalaya. Nama lain pantai ini adalah Pantai Cilauteureun, dinamakan Cilauteureun karena air laut di muara Cilauteureun bergerak bukan menuju laut, melainkan kembali lagi ke arah muara. Sederhananya biasa disebut air laut yang mengalir ke darat. Konon peristiwa seperti ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yakni di Pantai Santolo Garut dan Prancis.

Pantai Santolo Pameungpeuk, Tempat Wisata Populer di Garut Selatan2

Cilauteureun, air laut yang mengalir ke daratan

Sedangkan Santolo adalah nama pulau kecil di seberang Pantai Cilauteureun, namun pantai indah di Cikelet ini lebih populer dengan nama Pantai Santolo Pameungpeuk. Di kawasan Pantai Santolo terdapat dermaga (pelabuhan) tempat berkumpulnya kapal ikan atau perahu nelayan tradisional di Pameungpeuk.

Pantai Santolo Pameungpeuk, Tempat Wisata Populer di Garut Selatan3

Transportasi menuju Pantai Santolo Garut

Akses menuju ke Pantai Santolo Garut Selatan sangatlah mudah dan banyak alternatif, terdapat beberapa route perjalan yang dapat digunakan untuk tiba di pantai santolo Garut Jawa Barat, diantaranya adalah melalui terminal Garut – Cikajang – Pantai Santolo. Moda transfortasi diantaranya elf dan minibus jurusan Garut Pameungpeuk, atau jurusan Bandung – Pameungpeuk.

Jalannya cukup lebar dan bagus, namun berkelok-kelok dan melewati kawasan Gunung Gelap. Jika sobat membawa kendaraan pribadi lebih disarankan melewati jalan ini pada siang hari. Di jalur Garut – Pantai Santolo, terdapat tempat peristirahatan yang cukup terkenal yaitu daerah Cihideung. Di daerah Cihideung ini banyak tempat-tempat makan dengan harga terjangkau.

Jalur Lainnya adalah melewati Cianjur – Cidaun – Rancabuaya – Pantai Santolo. Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung ialah melewati Ranca Bali – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya – Pantai Santolo. Wisatawan dari Bandung juga bisa melewati jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan.

Beberapa puluh meter dari jalan raya Pameungpeuk, terdapat pintu masuk (pos pendaftaran), di sini wisatawan diharuskan membayar biaya retribusi. Dari pintu masuk ke bibir pantai Santolo masih cukup jauh. Di sebelah kiri, tidak jauh dari pantai terdapat stasiun tempat peluncuran roket milik LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional). Setiba di lokasi parkir Pantai Santolo Pameungpeuk, wisatawan akan dihampiri oleh tukang sewa perahu penyeberangan yang menawarkan jasa penyeberangan ke Pulau Santolo. 

Kegiatan Wisata dan Daya Tarik Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Pameungpeuk, Tempat Wisata Populer di Garut Selatan4

Jika kita belum berniat menyeberangi muara Cilauteureun, kita bisa langsung menikmati panorama #pantai dan menyaksikan deburan ombak Cilauteureun. Pantai Santolo memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan memanjang dari barat ke timur. Di sini kita bisa menyewa banana boat atau perahu nelayan untuk berlayar menikmati deburan omban laut selatan yang menantang.

Tidak jauh dari tempat parkir, terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang menjual bermacam-macam ikan segar hasil tangkapan nelayan dengan harga terjangkau. Kita bisa membakar ikan sendiri atau membeli ikan yang sudah matang dan menyantapnya di pinggir pantai sambil menikmati indahnya pemandangan laut luas.

Komodisi laut yang paling banyak di Pantai Santolo Garut adalah ikan tongkol, layur dan cumi. Sedangkan kepiting di sini sangat jarang. Kalau sobat mau beli makanan di kawasan pantai, sebaiknya tanyakan dulu harganya sebelum membeli karena harga makanan dan minuman di Pantai Santolo cukup mahal.

Bergerak ke arah selatan, kita dapat menyeberang ke Pulau Santolo dengan menyewa perahu nelayan. Keadaan pantai di Pulau Santolo agak berbeda, yakni pantainya berpasir putih dan airnya masih jernih tetapi penuh dengan batuan karang yang sangat indah. Bago sobat petualang, lokasi ini cocok untuk untuk camping. Di kawasan pelabuhan, kita juga bisa memancing ikan. Jika sobat tidak membawa alat pancing, tidak perlua khawatir, karena di Pulau Santolo terdapat sewaan alan pancing ikan.

Penginapan di Pantai Santolo Garut

Apabila sobat ingin berlama-lama di objek wisata Pantai Santolo Garut, di sekitar pantai Santolo ada banyak losmen dan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau, berkisar antara Rp. 100.000,- sampai Rp. 200.000,- per malam.

Hotel Wira Kalingga

SKW : Pameungpeuk

Kecamatan : Pameungpeuk

Jenis Hotel : Hotel Melati III

Alamat : Jn. Raya Pamengpeuk No 102

Pondok Karang Asri

SKW : Pameungpeuk

Kecamatan : Cikelet

Jenis Hotel : Hotel Melati I

Alamat : JI. Raya Parneungpeuk km.12 No. 10 Tlp. (0262) 521259

Penginapan Amboina

SKW : Pameungpeuk

Kecamatan : Pameungpeuk

Jenis Hotel : Hotel Melati I

Alamat : Jl. Cilauteureun No. 19 Tlp. (0262) 521281

Penginapan Barokah

SKW : Pameungpeuk

Kecamatan : Pameungpeuk

Jenis Hotel : Hotel Melati I

Alamat : Jl. Raya Cilauteureun

Penginapan Biasa

SKW : Pameungpeuk

Kecamatan : Pameungpeuk

Jenis Hotel : Hotel Melati I

Alamat : JI. Cigodek Tlp. (0262) 521939

Penginapan Citra Agung

SKW : Pameungpeuk

Kecamatan : Pameungpeuk

Jenis Hotel : Hotel Melati I

Alamat : Jl. Cilauteureun No. 785 Tlp. (0262) 521250

Penginapan Rahmat

SKW : Pameungpeuk

Kecamatan : Pameungpeuk

Jenis Hotel : Hotel Melati I

Alamat : Jl. Cilauteureun No. 10 Tlp. (0262) 251077

Wisma LAPAN

SKW : Pameungpeuk

Kecamatan : Pameungpeuk

Jenis Hotel : Hotel Melati I

Alamat : Jl. Cilauteureun

Tak sabar ingin menelusuri spot-spot menarik di Pantai Santolo Garut?

Silakan sobat buktikan sendiri keindahan tempat wisata favorit di Garut Selatan yang satu ini. Selamat berlibur!