Kabupaten Garut, terutama di daerah Garut Selatan memiliki tempat wisata pantai yang mempesona dan menarik untuk dikunjungi. #Pantai yang indah di #Garut antara lain Pantai Rancabuaya di Caringin, Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Karang Paranje, Pantai Cicalobak, Pantai Manalusu, Pantai Cijayana dan Puncak Guha.

Gambaran umum Pantai Rancabuaya Garut

Pantai Rancabuaya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, #Jawa Barat. Lokasinya berada di pesisir selatan Garut, berada di antara Cidaun, pantai Santolo Pameungpeuk dan Pantai Karang Paranje.

Pada bulan Maret. setiap tahunnya di Pantai Rancabuaya biasa digelar prosesi hajat laut yaitu melarung berbagai sesajen ke tengah laut dengan maksud agar hasil tangkapan ikan nelayan Pantai Rancabuaya bisa berlimpah. Hajat laut selalu dihadiri oleh puluhan ribu pengunjung baik warga sekitar Pantai Rancabuaya maupun wisatawan domestik dari Garut, Bandung, Jakarta dan Bekasi. Bahkan semasa hidupnya, dalang kondang Asep Sunandar Sunarya (alm) sering menghadiri hajat laut di pantai ini.

Daya tarik Pantai Rancabuaya Garut

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya Garut memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata pantai favorit di Garut. Pantai ini memiliki batu-batu karang besar dan langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang sangat besar, bahkan di pantai ini terdapat tebing yang cukup besar. Material dasar laut berupa pasir halus, batu karang, dan pasir kasar termasuk daerah sepanjang garis pantai.

Hal inilah yang membuat pantai Rancabuaya berbeda dari pantai yang lainnya, yakni berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan memiliki deburan ombak yang cukup besar, tinggi gelombang ombak di Pantai Rancabuaya kurang lebih 1 meter.

Di kawasan Pantai Rancabuaya juga banyak ditumbuhi rumput laut dan ganggang hijau. Sedangkan ikan yang dominan di sini adalah ikan tuna dan ikan karang. Daya tarik yang membuat pantai ini tampil istimewa adalah terdapat curug atau air terjun yang menghadap ke pantai.

Pantai Rancabuaya memiliki pasir putih yang halus dan bersih dengan mencapai 1.525 ha, tingkat abrasi pantai ini sangat kecil. Kawasan Pantai Rancabuaya juga di tumbuhi oleh pohon ketapang dan kelapa yang menambah suasana indah pemandangan Rancabuaya.

Pengunjung Pantai Rancabuaya bisa melakukan banyak aktifitas wisata, salah satunya hiking atau tracking, lesehan khas yang ada di pesisir pantai dengan jumlah cukup banyak, akses jalan yang mudah, penginapan, sewaan saung-saung wisata, lahan parkir kendaraan cukup luas dan aman.

Namun pemandangan yang luar biasa di Pantai Rancabuaya yang terletak di Garut Selatan ini masih kurang promosi sehingga belum begitu terkenal.

Transfortasi menuju Pantai Rancabuaya Garut

Akses jalan menuju Pantai Rancabuaya cukup lancar dan mulus sehingga mudah dijangkau. Lokasi Pantai Rancabuaya terletak Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa barat. Jarak dari Bandung adalah sekitar 167 km, sedangkan jarak dari pusat kota Garut adalah 105 km, dan jarak dari Kecamatan Caringin adalah 30 km. Tranportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke pantai ini adalah dengan menggunakan elf atau minibus jurusan Bandung – Bungbulang atau Terminal Guntur Garut – Caringin.

Rute perjalanan bisa melewati jalur Bandung – Pangalengan – Cisewu – Rancabuaya (+ 120 Km) atau bisa juga menggunakan jalur Bandung – Garut – Cikajang – Rancabuaya (+ 160 Km).

Kalau membawa kendaraan sendiri, sobat bisa berhenti sejenak di Kecamatan Pamulihan. Tepatnya di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan terdapat tempat wisata air terjun Curug Sanghyang Taraje yang sangat mempesona

Penginapan di Pantai Rancabuaya Garut

Pengunjung yang mau menginap di kawasan pantai Pantai Rancabuaya Garut tidak perlu bingung, karena di sini terdapat banyak tempat penginapan mulai dari penginapan sederhana sampai yang berkualitas baik dengan harga sewa yang sangat murah dan terjangkau.