Satu lagi tempat wisata pantai yang wajib dikunjungi di Garut, Jawa Barat yaitu Pantai Sayang Heulang di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Pantai Sayang Heulang letaknya berdekatan dengan Pantai Santolo Pameungpeuk Garut, jadi kita bisa mengunjungi kedua pantai indah di Garut Selatan ini dalam waktu bersamaan

Pantai Sayang Heulang memiliki panjang lebih dari 2 km dan lebar tepi pantai kurang dari 50 meter. Kualitas lingkungan dan kebersihan sekitar Pantai Sayang Heulang cukup terjaga dengan baik, hal ini dapat dilihat dari kondisi pesisir pantai yang terlihat bersih tanpa sampah berserakan.

Pantai Sayang Heulang memiliki pasir putih kecoklatan dengan pantai karang yang airnya jernih, di pinggir pantai ditumbuhi pepohonan khas laut yang rimbun sehingga pengunjung bisa menyaksikan deburan ombak besar dan tinggi di Pantai Sayang dengan suasana sejuk dan nyaman.

Pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia, sehingga ombaknya besar dan tinggi. Namun kalau air laut sedang surut, dalam batas tertentu kita bisa bermain air di pinggir pantai sambil hunting foto dan menangkap ikan-ikan hias yang terjebak di sela-sela karang.

Keistimewaan Pantai Sayang Heulang adalah ombaknya stabil dan memiliki dua tipe pantai, yakni tipe pantai berkarang dan tipe pantai tidak berkarang. Momen yang sangat ditunggu wisatawan di Pantai Sayang Heulang adalah ketika sunrise dan sunset, di pantai menawan ini kita bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit dan tenggelam.

Pantai-Sayang-Heulang-Pameungpeuk-Garut-Jawa-Barat

Di Pantai Sayang Heulang juga terdapat lokasi perkemahan, jadi jika sobat petualang ingin merasakan sensasi kemping di kawasan pantai sambil melihat nelayan yang mencari ikan di laut, bisa datang ke Pantai Sayang Heulang Garut. Selain itu, wisatawan yang hobi memancing juga bisa memanfaatkan sarana pemancingan yang tersedia di pantai ini. 

Transportasi menuju Pantai Sayang Heulang

Jarak Pantai Sayang Heulang dari pusat kota Garut yaitu sekitar 88 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam. Rute perjalanan menuju Pantai Sayang Heulang, sama persis dengan rute menuju Pantai Santolo.

Ada beberapa rute perjalan yang dapat digunakan untuk tiba di Sayang Heulang Garut, diantaranya adalah melalui terminal Garut – Cikajang – Pantai Sayang Heulang menggunakan moda transfortasi yang ada seperti elf atau minibus jurusan Garut Pameungpeuk, atau jurusan Bandung – Pameungpeuk.

Jalur Lainnya adalah melewati Cianjur – Cidaun – Rancabuaya – Pantai Sayang Heulang. Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung ialah melewati Ranca Bali – Naringgul – Cidaun – Pantai Rancabuaya – Pantai Sayang Heulang. Wisatawan dari Bandung juga bisa melewati jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan.

Di pinggir jalan raya Pameungpeuk, terlihat gapura penanda Pantai Sayang Heulang berupa patung burung elang (heulang). Jalan dari gapura menuju kawasan pantai lumayan jelek, namun teduh karena di sepanjang pinggir jalan ditumbuhi pepohonan yang rimbun. 

Fasilitas dan Penginapan di Pantai Sayang Heulang

Di Pantai Sayang Heulang tersedia cukup banyak penginapan, rumah makan dan fasilitas lainnya. Harga penginapan di Sayang Heulang berkisar antara Rp. 150.000,- sampai Rp. 300.000,- per malam, tergantung ukuran dan fasilitas kamar.

Tempat parkir di kawasan Pantai Sayang Heulang cukup luas dan kita bisa memarkir kendaraan di bawah pohon-pohon yang rindang di pinggir pantai sambil botram atau makan-makan.

Bagi yang menyukai olahraga Voli Pantai, bisa melakukan kegiatan voli pantai karena di pantai Sayang Heulang terdapat arena khusus olahraga voli pantai bagi wisatawan.

Bagi yang ingin berlibur bersama keluarga, Pantai Sayang Heulang Garut dapat menjadi alternatif destinasi wisata pilihan terbaik untuk keluarga tercinta.