Tasikmalaya memang terkenal sebagai kota santri, di sini ada banyak pondok-pondok pesantren salafiyah tempat memperdalam agama Islam.

Pondok Pesantren yang terkenal di #Tasikmalaya antara lain pondok pesantren KH. Zainal Mustafa, pondok pesantren Suryalaya, pondok pesantren Cipasung dan pondok pesantren Miftahul Huda Manonjaya.

makam-dan-gua-pamijahan-tasikmalaya

Di Kota Santri ini terdapat makam dan gua Pamijahan yang menjadi tempat wisata ziarah terbesar di Tasikmalaya dan di Jawa Barat. Menurut beberapa sumber, di gua Pamijahan ini terdapat lorong yang tembus menuju Mekah.

Pamijahan merupakan gua alam dan makam dari seorang waliyullah penyebar agama Islam di Jawa Barat, Kangjeng Syekh Abdul Muhyi. Lokasi gua Pamijahan berada tidak jauh dari makam.

Gua Pamijahan (Goa Safarwadi) terletak di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Tempat wisata ziarah yang satu ini setiap harinya selalu dipadati oleh pengunjung dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia yang ingin berziarah ke makam Kangjeng Syekh Abdul Muhyi.

wisata-ziarah-gua-pamijahan-tasikmalaya

Menurut sejarah, Gua Pamijahan digunakan sebagai tempat persembunyian para waliyullah. Jadi Gua Pamijahan ini erat dengan penyebaran agama Islam di tatar Sunda. Di dalam Gua Pamijahan terdapat mata air yang jernih seperti air zamzam, sebuah lubang menuju Banten, Cirebon sampai Makkah dan lekukan-lekukan bulat di atap gua yang menyerupai peci (kopiah haji).

Konon, jika ada salah satu “kopiah haji” yang pas saat berdiri, maka insya Allah dia akan bisa menjalankan perintah Allah dalam rukan Islam kelima, yakni ibadah Haji ke Baitullah di tanah suci Mekkah.

Secara fisik, Gua Pamijahan hampir sama dengan gua pada umumnya yakni terdapat stalagmit dan stalaktik hampir di seluruh permukaan gua.

Sebelum masuk ke dalam gua, pengunjung yang masuk ke dalam gua memanjatkan do’a-do’a kepada Allah SWT. Mereka percaya bahwa gua Pamijahan ini memiliki keistimewaan dibandingkan gua-gua pada umumnya.

Sedangkan Makam Pamijahan lokasinya tidak jauh dari Gua Pamijahan. Makam Syekh Abdul Muhyi  ini memiliki tiga area. Area pertama merupakan bagian luar bangunan, di sini terdapat sekitar 24 makam.

Area kedua terdapat sekitar 11 makam dari sanah keluarga Waliyullah di Pamijahan. Dan area ketiga adalah bangunan utama, di sini terdapat 1 makam yang ditutup dengan dinding.