Tempat wisata di sini tidak kalah menarik dari objek wisata lainnya.

0. Tujuh Objek Wisata Menarik di Tasikmalaya

Tasikmalaya merupakan nama kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Tasikmalaya dikenal dengen julukan Kota Santri, karena banyak tersebar pondok-pondok pesantren terkenal, seperti Ponpes Cipasung, Ponpes Suryalaya, dan lain-lain.

Tasikmalaya juga memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi saat mengisi waktu liburan bersama keluarga tercinta. Tempat wisata di Tasikmalaya tidak kalah menarik dari objek wisata lainnya di Jawa Barat.

Dari sekian banyak tempat wisata di Tasikmalaya, setidaknya ada tujuh tempat wisata terbaik dan terkenal di Tasikmalaya yang wajib Anda kunjungi.

 

#1. Objek Wisata Gunung Galunggung

1. Objek Wisata Gunung Galunggung

Gunung Galunggung terletak di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Gunung berapi aktif ini memiliki ketinggian 2.167 mdpl, berjarak hanya sekitar 17 kilometer saja dari pusat kota Tasikmalaya.

Gunung Galunggung adalah salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang sering dikunjungi wisatawan. Di sini terdapat 2 spot menarik yakni Kawah Galunggung yang memiliki danau hijau yang cantik dan pemandian air panas Galunggung.

Untuk tiba di area kawah terdapat 2 jalur alternatif yaitu jalur pendakian yang melewati 620 anak tangga sampai ke puncak dan jalur pembuangan air. Kedua jalur pendakian ke puncak Gunung Galunggung ini memiliki tingkat kesulitan dan daya tarik tersendiri.

 

#2. Objek Wisata Pantai Cipatujah

2. Objek Wisata Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah terletak di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya sekitar 74 km dari pusat Kota Tasikmalaya. Panorama yang disuguhkan oleh tempat wisata di Tasikmalaya ini cukup memanjakan para wisatawan, di pantai ini kita bisa melihat perpaduan antara deburan ombak laut yang besar, pantainya yang landai dan perkebunan kelapa yang luas dan subur.

Deburan ombak di objek wisata Pantai Cipatujah terkenal cukup besar. Pantai ini memiliki terumbu karang yang biasa dimanfaatkan ikan untuk bertelur, hamparan pantainya cukup landai. Selain itu, pantai Cipatujah juga memiliki pasir putih sehingga sangat baik digunakan untuk aktifitas bermain di pantai atau berjemur.

 

#3. Objek Wisata Pantai Sindang Kerta

3. Objek Wisata Pantai Sindang Kerta

Lokasi Pantai Sindang Kerta berada tidak jauh dari Pantai Cipatujah, jaraknya hanya sekitar 4 km dari Pantai Cipatujah Tasikmalaya. Pantai Sindang Kerja merupakan salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang juga menjadi tempat penangkaran penyu agar terhindar dari kepunahan.

 

#4. Objek Wisata Alam Curug Dendeng

4. Objek Wisata Alam Curug Dendeng

Curug Dendeng merupakan satu dari tempat wisata di Tasikmalaya yang menawarkan pemandangan alam nan eksotis. Air terjun yang terletak di Desa Cikawung Gading, Kampung Caringin, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya ini terdiri dari tiga tingkat, yang pertama tingginya 13 m, kedua 11 m dan yang ketiga 9 m.

 

#5. Situ Gede

5. Situ Gede

Situ Gede adalah tempat wisata di Tasikmalaya berupa danau seluas 47 hektare yang terletak di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 500 meter dari Bundaran Bypas Tasikmalaya.

Pada akhir pekan, objek wisata situ Gede selalu dipadati pengunjung. Mereka kerap memanfaatkan objek wisata alam ini untuk olahraga, rekreasi, memancing, berperahu dan menjaring ikan.

 

#6. Teejay Waterpark

6. Teejay Waterpark

Teejay waterpark berada di Jalan HZ Mustofa disamping Mall Asia Plaza Kota Tasikmalaya. Tempat wisata ini memiliki luas 28 hektar, cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Fasilitas yang tersedia di Teejay Waterpark, antara lain kolam ombak, kolam arus, ember tumpah, gazzebo, tube slider dan foodcourt.

 

#7. Makam dan Gua Pamijahan

7. Makam dan Gua Pamijahan

Gua Pamijahan (Goa Safarwadi) terletak di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Tempat wisata ziarah yang satu ini setiap harinya selalu dipadati oleh pengunjung dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia yang ingin berziarah ke makam Kangjeng Syekh Abdul Muhyi.