'Saat difoto, di air terjun ini ada penampakan Patih Gajah Mada'

Pesona akan kecantikan dan keindahan air terjun Madakaripura di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo memang tak terbantahkan. Siapa pun yang ke sana, akan terpikat dengan ciptaan Yang Maha Kuasa yang begitu menawan.

Sebenarnya air terjun ini awalnya dianggap sebagai hal biasa oleh masyarakat setempat. Mereka biasa menyebutnya ‘grojokan’ atau dalam bahasa Indonesia berarti kucuran air. Masyarakat di sana sama sekali tidak berpikir bahwa keindahan grojokan tersebut dapat dijadikan tempat wisata yang mengagumkan.

Hingga pada tahun 1986, dua orang bule (pria dan wanita) datang bersama seekor anjing. Mereka melewati aliran sungai dan berhasil menemukan keindahan grojokan. Dari situlah mulai banyak berkunjung para wisatawan asing ke grojokan. Warga setempat akhirnya melaporkan adanya tempat wisata baru berupa air terjun di situ kepada pemerintah kabupaten Probolinggo.

Akhirnya Dinas Pariwisata Kabupaten Probolinggo meninjau lokasi dengan menyusuri sungai. Sesampainya di grojokan, mereka sangat terkejut melihat keindahan air terjun. Kemudian pihak dinas pariwisata mengambil gambar tepat di air terjun utama. Anehnya, saat pengambilan gambar, benar-benar tidak ada sesosok apapun. Namun setelah foto dicuci dan dicetak, barulah terlihat penampakan pria tinggi besar berada di balik air terjun dengan sangat jelas.

“Hasil foto itu benar-benar mengejutkan. Setelah diamati ternyata itu adalah penampakan dari Patih Gajah Mada yang melakukan semedi. Kemudian ditelusuri sejarah dan ditemukan bahwa dulu air terjun ini merupakan tempat bertapa Patih Gajah Mada,” ujar Suman salah seorang guide

'Saat difoto, di air terjun ini ada penampakan Patih Gajah Mada'f2

Karena alasan itulah, air terjun ini dinamakan Madakaripura yang memiliki arti peninggalan terakhir Gajah Mada. Ada pula yang mengartikannya sebagai peristirahatan terkahir Gajah Mada. Sebab, ada legenda yang menyebutkan bahwa Gajah Mada moksa (lepas dari ikatan duniawi dan putaran reinkarnasi) di tempat ini. Hanya saja belum ada bukti yang menguatkan argumen tersebut.