'Perbaikan untuk Air Terjun Madakaripura dilakukan 2017 mendatang'

Saat mengunjungi Air Terjun Madakaripura pengunjung akan dimanjakan dengan pesona alam yang sangat luar biasa. Percikan air yang turun dari ketinggian 200meter membias menjadi pelangi yang ‘berserakan’ di depan mata.

Terlepas dari itu semua masih saja ada beberapa pengunjung yang mempermasalahkan tentang lahan parkir yang cenderung sempit jika sudah memasuki musim liburan. Bahkan untuk mobil-mobil travel harus parkir sejauh satu kilo dari pintu masuk lokasi wisata.

Menurut penuturan Suman, salah seorang guide yang menemani tim merdeka.com, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Probolinggo sudah berniat untuk memberikan perbaikan untuk kenyamanan pengunjung Air Terjun Madakaripura.

“Yang jelas, dari Pemkab Probolinggo sudah setuju akan melakukan perbaikan di sejumlah titik lokasi wisata. Anggarannya saya ndak tahu berapa. Tapi kemungkinan realisasinya sekitar 2017 nanti,” ungkap Suman.

Namun bukan lahar parkir yang akan dipercantik dari anggaran pemerintah kabupaten, melainkan pelebaran jalan.

Akses menuju air terjun yang dipercaya sebagai tempat pertapaan Patih Gajah Mada ini memang terbilang buruk. Jalan bergelombang, berkelok-kelok, serta permukaan yang kurang layak untuk jalur tempat wisata. Ditambah lagi banyak wisatawan asing yang datang ke sini. Memang sudah seharusnya jalan diperbaiki.

So, jika Anda ingin menikmati pesona cantik Air Terjun Madakaripura, saat ini adalah waktu yang sangat tepat. Di samping tidak terlalu ramai, cuaca kering saat ini sangat memungkinkan Anda untuk berbasah-basahan di kawasan ini. Jika sudah memasuki musim hujan, wisata ini bisa saja ditutup karena debit air terlalu tinggi.

Untuk Anda yang belum pernah ke tempat keren ini, silakan melihat panduan jalan menuju Air Terjun Madakaripura di sini. Jadilah saksi keindahan air terjun bersejarah milik ‘Sang Pemersatu Bangsa‘!