Hikmah & Renungan

Hikmah & Renungan

Dalam sebuah perjalanan, seorang anak dan ayahnya tengah asyik berjalan di atas gunung. Tanpa sengaja, tiba tiba sang anak terjatuh, hingga ia terluka dan berteriak “aaahhh!” dengan sangat keras. Kemudian ia begitu kaget saat mendengar ada suara pantulan dari gunung sebelah “aaahhh!” yang menirukan teriakannya.

Dengan penuh rasa penasaran, diapun kembali berteriak “siapa kamu?” lalu anak kecil itu menerima kembali jawaban yang sama “siapa kamu?” kemudian dia berteriak ke gunung itu “saya mengagumimu!” dan suara itupun kembali “saya mengagumimu!”

Dengan muka marah pada jawaban itu, anak itu berteriak “penakut!” ia masih menerima jawaban yang sama, “penakut!”

Setelah merasa heran dengan kejadian yang dialami, si anak itu pun menatap ayahnya dan bertanya “apa yang sebenarnya terjadi ayah?” Ayahnya sambil tersenyum kemudian menjawab “sayang, perhatikan, ayah akan berteriak ‘kamu juara!” Ayahnya juga menerima jawaban yang sama “kamu juara!”

Anak ini kembali kaget dan tidak mengerti mengapa itu bisa terjadi. Kemudian ayahnya menjelaskan “nak, itulah yang disebut dengan echo (gema suara), tetapi itulah sesungguhnya hidup. Segalanya akan kembali kepada kita, atas apa yang kita katakan, dan apa yang kita lakukan. Hidup kita secara sederhana adalah gambaran dari kelakuan yang kita perbuat.”

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula.” (Q.S Az-Zalzalah: 7-8).

Wallohu ‘a.am bisshawab