Dalam beberapa tahun terakhir ini, industri pariwisata Indonesia mulai bangkit. Sebab nyatanya Indonesia memiliki segudang kekayaan alam yang siap untuk Anda eksplorasi. Mulai dari wisata alam gunung, pantai, hutan, kebun, dan bahkan air terjun.

Berpetualang ke Air Terjun Madakaripura, jejak terakhir Gajah MadaBerbicara tentang air terjun, Jawa Timur tepatnya Probolinggo memiliki air terjun yang sangat eksotis yaitu Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air Terjun Madakaripura sendiri berbentuk ceruk yang dikelilingi oleh bukit yang kemudian airnya menetes pada seluruh bidang tebing sehingga nampak seperti hujan. Tak hanya itu saja, ‘hujan abadi’ ini juga menemani air terjun utamanya.

Terdengar menarik dan eksotis bukan? Well, untuk menuju ke air terjun ini Anda harus mengarahkan kendaraan Anda ke Desa Sapih, tepatnya di Lumbang, Probolinggo. Jika Anda sudah berada di pusat kota Probolinggo, maka Lumbang terletak sekitar 30km ke arah Probolinggo Utara. Kemudian Anda akan sampai di Desa Sukapura dan Anda akan menemui pertigaan yang ditandai dengan plang yang menunjukkan Gunung Bromo ke arah kiri dan Air Terjun Madakaripura di arah kanan. Jadi beloklah ke arah kanan dan jarak dari pertigaan ini untuk sampai di pintu masuk lokasi air terjun masih sekitar 4 kilometer lagi.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Sesampainya di pintu gerbang, maka perjuangan Anda pun baru akan dimulai. Sebab untuk sampai di air terjunnya, Anda harus berjalan sepanjang 1 km melewati jalan setapak yang sudah disemen. Mengingat medan yang cukup terjal, maka Anda pun sebaiknya memakai jasa pemandu dengan ongkos sekitar Rp 50.000. Tak hanya dapat memandu Anda saja, para pemandu ini juga siap sedia untuk membantu Anda dalam membawakan barang dagangan Anda.

Menuju Air Terjun Madakaripura memang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Namun percayalah, rasa lelah Anda akan terbayar ketika Anda telah melihat air terjun eksotis ini.