Air terjun Madakaripura, 'kebahagiaan' warga pinggiran Probolinggo

Setelah Pemerintah Kabupaten Probolinggo menemukan dan meresmikan air terjun Madakaripura sebagai tempat wisata, masyarakat di desa Sapih bersuka cita.

Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo akhirnya dapat menikmati air bersih. Pemkab Probolinggo membangun akses untuk mengalirkan air dari air terjun Madakaripura ke sejumlah desa di sekitar Lumbang.

“Ada pipa-pipa besar yang tersusun rapi di sudut jalan setapak. Ini mengalirkan air ke desa kami,” ujar Suman, salah seorang guide Madakaripura

Air terjun Madakaripura, 'kebahagiaan' warga pinggiran Probolinggo2

Suman juga menjelaskan bahwa debit air dari air terjun Madakaripura sekalipun tak pernah habis. Airnya cenderung normal dan stabil meskipun sedang musim panas atau kemarau.

“Pipa-pipa ini adalah fasilitas yang diberikan Pemkab Probolinggo pada kami. Namun jika ada kerusakan, itu menjadi tanggung jawab kami. Kesepakatannya sudah begitu,” imbuh Suman.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo tidak hanya mengeksplor keindahan air terjun Madakaripura, namun juga memanfaatkan air untuk dialirkan ke warga setempat agar ikut menikmati sumber daya alam yang ada.