tangan-pena-145x120

Bismillahirrahmanirrahim
Imam Shafie: Barangsiapa yang mau (ingin) meninggalkan dunia ini dalam keadaan selamat, maka laksanakanlah/ amalkanlah 10 perkara ini :

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA DIRI, yaitu dengan cara ; mengurangi tidur, mengurangi makan, mengurangi percakapan (yakni percakapan yang sama sekali tidak bermanfaat), serta selalu ikhlas dan bersyukur dalam menerima rezeki yang ada.

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA MALAIKAT MAUT, yaitu dengan cara ; menqhadha’kan segala kewajibannya yang tertinggal, dengan memohon dan mendapatkan maaf dari orang yang telah kita zalimi, mempersiapkan diri (membuat persediaan) untuk mati serta merasa bahwa diri kita sangat cinta kepada ALLAH TA’ALA.

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA KUBUR, yaitu dengan cara ; membuang tabiat kegemarannya dalam menabur fitnah, jangan suka kencing merata-rata, memperbanyak sholat tahajjud serta selalu membantu orang-orang yang dizalimi.

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA MUNKAR DAN NAKIR, yaitu dengan cara ; tidak berdusta (janganlah berkata dusta), jujur (sering berkata benar), meninggalkan segala bentuk maksiat, serta memberi nasihat (nasehat-menasehati).

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA MIZAN, yaitu dengan cara ; menahan (sikap) kemarahannya, perbanyaklah berdzikir (dzikrullah), selalu ikhlas dalam amalan-amalannya, serta sanggup menanggung (berbagai) kesusahan/ kesulitan.

SEPULUH PESAN IMAM SHAFIE

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA SIRAT, yaitu dengan cara ; membuang tabiatnya yang suka mengumpat, bersikap wara’, senang dan suka membantu orang yang beriman, serta senang berjamaah (suka hidup dalam suasana berjamaah).

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA PENJAGA NERAKA (MALIKAT MALIK), yaitu dengan cara ; menangis takut kepada ALLAH TA’ALA memperbanyak sedekah, selalu berbuat kebaikan terhadap kedua orang tua (ibu dan bapa) serta memperbaiki akhlaknya.

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA PENJAGA SYURGA (MALIKAT RIDWAN), yaitu dengan cara ; Ridho terhadap Qhadha’ ALLAH TA’ALA, serta selalu bersyukur atas karunia Allah TA’ALA dan bertaubat.

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA BAGINDA RASULULLAH MUHAMMAD SHALALLAHU ALAIHI WASSALAM, yaitu dengan cara ; sering bershalawat kepada Rasulullah, selalu berpegang teguh kepada sunnah Rasulullah SAW, serta berlomba-lomba (bersaing) dalam memperbanyak ibadah kepada Allah TA’ALA.

HAK (KEWAJIBAN) KEPADA ALLAH TA’ALA, yaitu dengan cara ; Mengajak umat manusia menuju arah kebaikan, mencegah umat manusia dari hal kemungkaran, serta suka terhadap ketaatan (taat pada Allah TA’ALA) dan membenci berbagai kemaksiatan.

Barokalloh fiik