INGIN SEHAT? JADILAH PEMAAF

 

 

 

pemaaf

 

 

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

 

Penelitian para ilmuwan Amerika membuktikan bahwa orang yang mampu memaafkan akan lebih sehat jiwa dan raganya. Orang-orang yang diteliti menyatakan bahwa penderitaan mereka berkurang setelah memaafkan orang yang menyakitinya. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang belajar memaafkan merasa lebih baik, tidak hanya secara kejiwaan tetapi juga fisik. Gejala-gejala psikosomatis seperti sakit punggung akibat stres, tekanan jiwa, susah tidur dan sakit perut jadi berkurang pada orang-orang ini.

Dr. Frederic Luskin, dalam buku Forgive for Good mengungkapkan bahwa sikap pemaaf merupakan resep ampuh yang mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan kebahagiaan. Betapa tidak, kemarahan terhadap seseorang atau suatu peristiwa menimbulkan emosi negatif dan merusak keseimbangan emosional dan kesehatan jasmani seseorang.

Bagi seorang muslim, tujuan sebenarnya dari memaafkan harus ditujukan untuk mendapatkan ridha Allah. Kenyataan bahwa sifat-sifat akhlak seperti ini, dan bahwa manfaatnya telah dibuktikan secara ilmiah, telah dinyatakan dalam banyak ayat Al Qur’an. Allah SWT berfirman:

 

 

7-199

 

 

Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh.” (QS Al A’raf [7]: 199).

 

Difirmankan pula,

” …dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS An Nur [24]: 22).

 

Dinyatakan dalam Al Qur’an bahwa pemaaf adalah sifat mulia yang terpuji.

 

 

42/43

 

 

Tetapi barangsiapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia.” (QS Asy Syura [42]: 43)

 

Barokallohu fiikum

 

Wallohu ‘alam bisshawab

 

 

 

KF - cium tanganimamku