kf.wp 060513 Jangan katakan 'Aku tidak bisa', tetapi katakanlah 'Aku akan mencobanya!' Allah senang hamba-Nya yang berusaha.

 

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Adalah pada 14 (empat belas) abad lalu, Allah SWT menurunkan Al Quran kepada ummat manusia sebagai kitab penuntun. Allah menyeru mumat manusia mengikuti Al Quran agar dapat menemukan kebenaran.

Sejak Al Quran diturunkan hingga tiba hari Perhitungan, kitab suci terakhir ini tetap menjadi satu-satunya tuntunan bagi ummat manusia.

Gaya bahasa Al Quran yang tidak tertandingi dan terkandung ilmu tinggi di dalamnya adalah bukti nyata ia merupakan firman illahi, di samping itu Al Quran mempunyai banyak sifat ajaib yang membuktikan bahwa ia adalah pengungkapan kebenaran dari Allah.

Salah satu keajaiban itu adalah fakta bahwa sejumlah kebenaran ilmiah yang baru dapat diungkap manusia dengan teknologi abad ke-20 ini telah dinyatakan Al Quran pada 1.400 tahun lalu.

Tentu saja Al Quran bukan buku sains. Namun, banyak fakta ilmiah yang dinyatakan secara sangat mendalam dan padat dalam ayat-ayat-Nya, baru ditemukan dengan teknologi di abad ke -20. Fakta-fakta ini tidak mungkin bisa diketahui pada saat Al Quran diturunkan dan ini justru lebih membuktikan bahwa Al Quran adalah firman Allah.

Untuk dapat memahami keajaiban ilmiah Al Quran, pertama kita harus melihat tingkatan sains ketika kitab suci ini mulai diturunkan.

Pada abad ke-7 ketika Al Quran diturunkan, masyarakat Arab mempunyai banyak kepercayaan takhayul dan tanpa dasar dalam hal-hal ilmiah. Karena rendahnya teknologi untuk mengkaji alam dan jagat raya, masyarakat Arab dahulu percaya pada legenda-legenda warisan generasi lampau, misalnya mereka mengira bahwa gunung-gunung menopang langit di atasnya. Mereka percaya bahwa bumi datar dan ada gunung-gunung tinggi pada kedua ujungnya. Pegunungan ini dianggap tiang-tiang yang menyangga langit jauh di atas.

Al Quran juga diturunkan ketika manusia mengetahui hanya sedikit astronomi, fisika atau biologi berisi fakta-fakta kunci, seperti penciptaan alam semesta, penciptaan manusia, struktur atmosfer, dan keseimbangan rumit yang memungkinkan kehidupan di atas bumi.

 

Wallohualambisshawab