KEMULIAAN AL-QURAN BAGI KEMULIAAN MANUSIA

 

 

 

KF - diajar ngaji

 

 

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

 

 

 

 

“Dan (ini) sesungguhnya Al Quran yang sangat mulia” (QS Al-Waqi’ah, 56: 77)

 

Allah Penguasa alam semesta, Dzat yang satu, adalah yang memiliki ilmu tanpa batas dan kekuatan yang juga tidak terbatas, telah menurunkan Al Quran sebagai sebuah sumber rahmat bagi seluruh alam. Dia telah mengkaruniakan rahmat-Nya kepada manusia dengan menurunkan kitab suci Al-Quran kepada mereka. Karenanya, siapa pun yang merespons karunia ini dengan lapang dada dan sukacita, dia akan memetik hasilnya; mereka akan mampu memahami Al Quran, mengikutinya, mengimaninya, dan akhirnya akan menerima rahmat Allah. Dia akan mendapatkan pahala di dunia, demikian juga di akhirat.

 

Adalah sebaliknya, siapa pun yang merespon Al-Quran ini dengan tidak simpatik dan congkak, dia akan menuai akibat yang dilakukannya. Dia tidak akan pernah mengerti dengan baik Al-Quran ini dan tidak pula akan memperoleh manfaat dari hikmah yang ada di dalamnya. Dia akan merugi, baik di dunia maupun di akhirat.

 

Walaupun demikian, mereka tidak akan memberikan bahaya apa-apa terhadap Al-Quran dan begitu juga terhadap Islam. Al-Quran diturunkan sebagai sebuah kitab suci yang akan dengan mudah dipahami oleh setiap orang, dimanapun ia berada, dari ras mana pun ia berasal, dari keturunan apa pun di dilahirkan.

 

Al-Quran mempunyai struktur susunan bahasa yang mudah untuk dipahami manusia, bahkan tidak hanya itu termasuk bangsa jin sekalipun. Al-Quran ini menyimpan harta kekayaan yang bisa menyelamatkan siapapun yang menggali dan mengamalkannya dari bahaya dan kepenatan hidup menuju ketenangan dan kemuliaan.

 

Barokalloh fiikum

 

Wallohu’alam bisshawab