1_259788921l 

 

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu

Bismillahirahmannirahim

 

Dalam Al Quran begitu juga dalam shalat, perintah, larangan dan akhlak yang baik, Allah menjelaskan berbagai rahasianya kepada umat manusia.

Al Quran adalah sumber istimewa bagi rahasia-rahasia ini sehingga siapa pun orangnya, betapa pun ia orang yang cerdas dan melek huruf, tidak akan pernah menemukan rahasia-rahasia ini di tempat lain. Jika sebagian orang tidak dapat memahami pesan-pesan yang tersembunyi dalam Al Quran, sedangkan orang lain dapat memahaminya, ini merupakan rahasia lain yang diciptakan oleh Allah.

Orang-orang yang tidak mengkaji rahasia-rahasia yang diwahyukan dalam Al Quran hidup dalam keadaan menderita dan berada dalam kesulitan. Ironisnya mereka tidak pernah mengetahui penyebab penderitaan mereka. Sedangkan orang-orang yang mempelajari rahasia-rahasia dalam Al Qur’an menjalani kehidupannya dengan mudah dan gembira. Sebabnya adalah karena Al-Qur’ an itu jelas, mudah, dan cukup sederhana untuk dipahami oleh setiap orang. Hal ini seperti tersurat dalam QS An-Nisaa: 174-175.

 

 

4-174

 

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Qur’an).”  QS An-Nisaa: 174

 

 

4-174

 

Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang kepada (agama)-Nya, niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dari-Nya (surga) dan limpahan karunia-Nya. Dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus (untuk sampai) kepada-Nya.” QS An-Nisaa – 175

 

Namun demikian, kebanyakan manusia meskipun mereka sanggup memecahkan masalah yang sangat sulit, memiliki pemahaman dan mampu mempraktikkan filsafat yang sangat membingungkan, ternyata tidak mampu memahami hal-hal yang jelas dan sederhana yang terdapat dalam Al Quran. Selain tidak mampu memahami sifat dunia yang sementara, hari demi hari orang-orang seperti ini semakin dekat kepada kematian yang tidak dapat dielakkan.

Rahasia-rahasia dalam Al Quran merupakan rahmat bagi orang beriman dan di sisi lain, Al Quran memberikan ancaman bagi orang-orang kafir, baik di dunia ini maupun di akhirat kelak. Allah menjelaskan kenyataan ini dalam QS Al-Isra’: 82.

 

 

17-82

 

“Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.” QS Al-Isra’: 82

 

Barrakalloh fiikum

 

Wallohu ‘alam bisshawab