Doa Mohon Perlindungan dari Bisikan Setan

2397

2398

 

Dan katakanlah: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku”. (QS Al-Mu’minum 23 97:98)

 

 

Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad saw untuk berdo’a dengan do’a yang terdapat dalam ayat dibawah ini, :

“Ya Tuhanku, seandainya Engkau hendak memperlihatkan kepadaku apa (azab) yang diancamkan kepada mereka,” yakni Engkau menimpakan hukuman /azab dan aku menyaksikannya/berada di sana, janganlah Engkau jadikan aku bagian dari mereka. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Imam Ahmad dan Tirmidzi bahwa Rasulullah saw bersabda,                                                                         “Dan jika Engkau hendak menimpakan azab pada suatu kaum dan aku berada di antara mereka). Maka matikanlah aku dengan tidak tertimpa azab-Mu.” (Ahmad, V: 243, Tuhfatul Ahwadzi, IX:108). (QS Al-Mu’minun, 23:93)

 

Dalam ayat tersebut diatas terdapat do’a mohon perlindungan dari bisikan setan dan kedatangan mereka. Do’a ini diperintahkan Allah kepada Nabi Muhammad saw untuk berlindung dari (keburukan) setan yang sama sekali tidak memberikan kebaikan dan tidak tunduk pada kebenaran.

 

Rasulullah saw bersabda,

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi mengetahui dari setan yang terkutuk; dari godaan, bisikan, ataupun tiupan (keburukan)nya. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, agar mereka tidak mendekati aku,” yaitu dalam segala hal yang menjadi urusanku.” (Abu Dawud, I: 490)

 

Allah SWT memerintahkan (ummat-nya) untuk selalu mengingat-Nya (berdo’a) dalam segala kondisi, di awal setiap pekerjaan, yang berfungsi untuk mengusir/menjauhkan diri dari setan, baik ketika makan, menyembelih, maupun dalam perkara lainnya. (Al-Misbah Al Munir fi Tahzib Tafsir Ibnu Katsir, 1999, 737-736)

 

Wallohualambisshawab

berdoa_web1-300x200
Iklan