Kesenian kabupaten Indramayu

Kesenian dari Kabupaten Indramayu sangat beraneka ragam dan itu merupakan sebuah seni yang patut dilestarikan. Jika kita berbicara Indramayu, berarti kita berbicara masalah kesenian kabupaten Indramayu yang sangat majemuk. Apa saja yang menjadi kesenian kabupaten Indramayu? Mungkin karena sangat beragamnya kami tidak bisa mengulas secara detail. Berbicara Indramayu, yang terpikirkan diotak kita adalah Jawa Barat dan juga pantura. Ya, karena Indramayu memang berada di Provinsi Jawa Barat dan juga dilewati oleh jalur pantura atau pantai utara.

Setiap daerah memiliki keanekaragaman kesenian, dan di kabupaten Indramayu terdapat beberapa kesenian yang patut untuk dibanggakan.

Apa saja kesenian itu, mari kita ulas satu persatu,

  • Tari Topeng

Tari topeng sebenarnya kesenian yang berasal dari daerah Cirebon dan juga termasuk Indramayu. Tarian ini merupakan salah satu tarian di tatar Parahyangan. Kenapa dinamakan tari topeng? Karena memang penarinya menggunakan topeng saat menari. Tapi anda jangan salah, tapi topeng juga beraneka ragam dan juga mengalami perkembangan dalam hal gerakannya, maupun cerita yang ingin disampaikan dalam tarian tersebut. Tari topeng bisa dilakukan sendiri dan ada juga yang dilakukan oleh beberapa orang.

 

Gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab, merupakan ciri khas lain dari tari topeng. Sampai sekarang Kesenian tari topeng ini masih eksis dipelajari di sanggar-sanggar tari dan juga seing dipentaskan saat acara resmi daerah. Salah satu sanggar tari topeng yang ada di Indramayu adalah sanggar tari topeng yang dipunyai oleh Mimi Rasinah, yang terletak di Desa pekandangan, Indramayu. Mimi Rasinah adalah salah satu maestro tari topeng yang masih aktif menari dan mengajarkan kesenian tari topeng walaupun dia telah menderita lumpuh semenjak tahun 2006, Mimi Rasinah wafat pada bulan Agustus 2010.

  • Wayang Kulit

Kesenian ini memang sudah melekat pada masyarakat Jawa pada umumnya, begitu pula dengan Indramayu. Karena kesenian wayang kulit ini masih melekat pada masyarakat Indramayu. Dan wayang kulit Indramayu tidak ada bedanya dengan wayang kulit Jawa, yang berbeda hanya bahasanya saat dipentaskan. Pementasan Wayang Kulit masih sering diselenggarakan pada momen tertentu seperti hajatan, ataupun dipentaskan sebagai bagian dari adat tradisional lainnya, seperti Mapag Sri, Ngarot, Nadran, Ruwatan dan sebagainya. Dan ada beberapa dalang yang terkenal dari Indramayu seperti H. Anom Rusdi bersama dengan Group Langen Budaya dan juga satu lagi adalah H. Tomo bersama dengan Group Langen Kusuma.

  

  • Mapag Dewi Sri

Menurut kepercayaan masyarakat Indramayu, tradisi Mapag Dewi Sri wajib di adakan setiap tahunnya. Menurut cerita, pada tahun 1970-an pernah tidak melakukan ritual ini dikarenakan jumlah panen yang sedikit. Akibatnya banyak masyarakat setempat yang sakit. Semenjak itu pesta rakyat ini selalu diadakan tiap tahunnya tanpa melihat hasil panen.

  • Sintren

Sintren ini sebenarnya kesenian yang dimiliki oleh masyarakat Jawa. Kesenian ini terkenal di pesisir utara Jawa Tengah dan Jawa Barat, antara lain Pemalang, Pekalongan, Brebes, Banyumas, Kuningan, Cirebon, dan Indramayu. Banyak yang menyebut Sintren dengan sebutan Lais. Dan di Indramayu sintren dipentaskan pada saat acara tertentu saja.

 

  • Genjring Akrobat

Merupakan pertunjukan dengan menggunakan tangga sebagai medianya, sepeda roda satu dan lain sebagainya. Genjring Akrobat dalam penyajiannya diiringi alat musik Genjring/Rebana dengan dilengkapi tari Rudat.

  • Sandiwara

Kesenian ini hampir sama dengan seni pertunjukan ketoprak yang berasal dari Jawa. Kesenian sandiwara di kabupaten Indramayu biasanya mengisahkan tentang legenda dan sejarah., adalah sebuah pertunjukan pentasan sebuah cerita atau disebut pula lakon dalam bahasa Jawa.

 

  • Tarling

Tarling merupakan seni musik yang ditampilkan dengan menggunakan gitar dan suling. Dimana gitar dan suling menjadi pengiring dalam kesenian ini. Kesenian ini mengukuti perkembangan zaman, karena sekarang tarling tidak hanya di iringi dengan gitar dan suling saja tetapi juga dilengkapi dengan alat musik modern.

  • Berokan

Berokan merupakan kesenian yang berasal dari Indramayu, dimana kesenian ini hampir sama dengan kesenian Barongsai yang berasal dari cina.

 

  • Singa Depok dan Kebo Ngamuk

Kesenian ini mirip degan kesenian sisingaan yang berasal dari Subang dan mulai dimodifikasi dengan adanya Kebo Ngamuk dan Burok.

Dan ada lagi kesenian tulis yang berasal dari kabupaten Indramayu, yaitu Batik tulis paoman atau batik Indramayu. Batik berciri khas pesisir yang memiliki corak yang berbeda dnegan batik dari daerah lain. Perpaduan antara kepercayaan, adat istiadat, seni dan lingkungan kehidupan daerah pesisir, ditambah lagi adanya pengaruh dari luar, seperti Cina, Arab dan Timur Tengah, Hindu-Jawa serta Eropa ikut memengaruhi terbentuknya motif dan karakter batik tulis pesisir. Industri dari dari kerajinan ini berada di daerah Paoman Desa Pabean Udik, Kecamatan Indramayu dan Terusan, Sindang, Indramayu. Dan produksinya sudah menembus pasar Internasional.

Kesenian kabupaten Indramayu sebenarnya ada beberapa yang sama dengan daerah lain. Tapi tetap saja mempunyai beberapa perbedaan yang menciri khaskan daerah Indramayu. Jika Anda melewati jalur pantura silahkan Anda mampir di Indramayu untuk melihat kesenian Indramayu yang unik dan indah atau hanya sekedar mencicipi wisata kuliner yang ada di kabupaten Indramayu.