“Aku menjenguk ke surga dan aku melihat kebanyakan penghuninya orang-orang fakir (miskin). Lalu aku menjenguk ke neraka dan aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Surga dan neraka adalah tempat yang Allah janjikan bagi setiap manusia, sebaik-baiknya tempat kembali adalah surga dan seburuk-buruknya tempat kembali adalah neraka.

sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholeha

Wahai kaum wanita,

Bukankah Allah telah memuliakan kalian ? Bukankah Allah telah memberikan dan mengangkat derajat kaum wanita ? Menurunkan surat yang isinya adalah kebanyakan adalah urusan yang membela kaum wanita , petunjuk khusus bagi kaum wanita , melindungi hak kaum wanita , memberikan berbagai kemudahan bagi kaum wanita ? bukankah seharusnya kebanyakan dari kaum wanita yang telah Allah muliakan berada di surga ? bukankah seharusnya kaum wanita yang diangkat derajatnya, berada di surga ? Bukankah seharusnya surat yang khusus Allah turunkan untuk kaum wanita mengantarkan dirinya untuk menikmati istana di surga ?

Wahai kaum wanita, renungkanlah sejenak …

Apakah kalian tidak menyadari bahwa seringkali kalian membalas nikmat yang Allah berikan dengan perbuatan dosa dan kemaksiatan ? Pernahkah kalian merenung sejenak, merenungkan dosa dan kemaksiatan yang kalian lakukan atau bahkan kalian tidak tahu bahwa apa kalian lakukan itu adalah perbuatan dosa ?
Sudahkah kalian mempersiapkan jawaban ketika dihadapkan pada persidangan Allah ?

Wahai kaum wanita,

Sesungguhnya Rasulullah saw telah berwasiat kepada kalian agar kalian menjaga komitmen syahadat kalian kepada Allah, menjalankan sunnah-sunnah Rasul, menjaga shalat kalian, berpuasa di bulan ramadhan, berzakat, bersedekah dengan harta yang Allah titipkan kepada kalian dan berhaji jika kalian mampu.

Sesungguhnya Rasulullah saw telah berwasiat kepada kalian agar kalian menjaga diri kalian, menutup aurat kalian, tidak memperlihatkan rambut kalian kepada kaum lelaki yang bukan muhrim, tidak membiarkan diri kalian disentuh oleh lelaki yang bukan muhrim, menjaga pandangan kalian, tidak mengundang dan memberikan kesempatan pada kaum lelaki untuk maksiat kepada kalian ?

Sesungguhnya Rasulullah saw telah berwasiat kepada kalian agar kalian menjaga lisan kalian dari perkataan yang tidak bermanfaat, dari perkataan dusta dan perkataan yang mengandung tak bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kalian.

Sesungguhnya Rasulullah saw telah berwasiat kepada kalian tetap taat kepada suami yang kalian pilih senantiasa bersikap sabar, pengertian, lemah lembut dan penuh pengertian. Janganlah kalian meminta dari suami kalian dari sesuatu yang berada di luar kemampuannya, jangan pula kalian tidak mensyukuri atas apa yang telah diberikan oleh suami kalian walaupun itu hanya sedikit, ingatkanlah suami kalian untuk beribadah kepada Allah jika lupa, sertakanlah mereka dalam do’a kalian.

Sesungguhnya Rasulullah saw telah berwasiat kepada kalian bahwa kalian adalah wakil dan wali Allah yang akan memberikan curahan kasih sayang pada anak yang Allah amanahkan kepada kalian. Bimbinglah mereka untuk mengenal Allah dan Rasul-Nya, berikan kepada mereka suri tauladan yang baik melalui akhlaq seorang ibu, kuatkanlah keimanan mereka, berikanlah mereka makanan yang halal walaupun itu sederhana, berkatalah yang lemah lembut kepada mereka, bersabarlah dalam menghadapi mereka, jadilah sahabat bagi mereka, do’akan mereka agar Allah selalu memudahkan urusan mereka.

Sesungguhnya Rasulullah saw telah berwasiat kepada kalian bahwa sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita sholeha, maka berniatlah untuk menjadi wanita sholehah dengan segenap kemampuan agar mencapai kehidupan dengan penuh kebaikan dan mengakhirinya dengan penuh kebaikan.

Barokalloh

Wallohualambisshawab